Vitamin Ayam yang Harus Diberikan

Vitamin Ayam yang Harus Diberikan

Vitamin Ayam – Apabila Anda beternak ayam, jangan hanya memperhatikan makanan serta kandangnya saja tetapi Anda juga harus memperhatikan kesehatannya. Menjaga kesehatan ayam itu penting karena nantinya akan berpengaruh pada kualitas hewan itu sendiri. Oleh karena itu, rutinlah memberikan vitamin ayam supaya ternak Anda menjadi sehat dan subur. Lalu apa saja vitamin yang harus dibutuhkan oleh ayam?

Jenis Vitamin Ayam yang Dibutuhkan

Sama halnya dengan manusia, fungsi dari vitamin itu sangat penting memelihara kesehatan. Begitu pula dengan ayam baik itu ayam kampung maupun broiler. Anda harus benar-benar memperhatikan kesehatannya supaya kualitas daging maupun telur tetap terjaga. Bagi Anda yang sudah beternak ayam tentunya sudah tidak asing lagi dengan deretan vitamin ayam. Vitamin tersebut tentunya memiliki fungsi baik untuk selalu menjaga kesehatan hewan unggas tersebut. Lalu apa saja jenis vitaminnya?

1. Vita Chicks

Mungkin para peternak ayam sudah akrab dengan vitamin yang satu ini. Vita chicks banyak digunakan oleh peternak ayam di kampung-kampung karena memang kegunaannya yang luar biasa. Vitamin ayam tersebut merupakan anti biotic yang sangat bermanfaat. Manfaat dari vita chicks adalah mempercepat pertumbuhan ayam, mengatasi stress pada ayam, mengurangi kematian pada anak ayam dan juga mencegah terjadinya kekurangan vitamin pada ayam. Umumnya vitamin tersebut digunakan untuk ayam kampung dan memang kebanyakan dipakai oleh para peternak yang tinggal di desa.

2. Viterna Plus

viterna plus
Vitamin ayam

Vitamin ayam yang juga sering dipakai oleh para peternak ayam umumnya ayam kampung adalah viterna plus. Ini merupakan jenis vitamin untuk merangsang nafsu makan pada ayam sehingga ayam kampung Anda pertumbuhannya menjadi cepat. Berbeda dengan ayam yang tidak diberi vitamin dan hanya makanan saja, ayam kampung pertumbuhannya lambat dan cenderung memiliki daging yang lebih tipis. Viterna plus juga bisa meningkatkan stamina pada ayam sehingga tidak mudah terkena penyakit seperti serangan virus. Selain itu, manfaat yang lainnya adalah menjaga ayam supaya tidak mudah stress, ayam yang stress pastinya lebih cepat mati karena selera makannya berkurang.

3. Tetra Chlor

Tetra Chlor adalah salah satu vitamin ayam yang sifatnya sebagai antibiotic juga. Fungsi utama dari vitamin tersebut adalah mengobati pilek pada ayam kemudian juga bisa mengobati muka bengkak, penyakit CRD dan juga kolera. Ternyata ayam pun bisa terkena kolera dan tanda-tanda yang paling mudah dikenali adalah memiliki berak berwarna hijau.

4. Royal Poultry

Mungkin vitamin ayam yang satu ini juga bisa dibilang sebagai suplemen. Royal Poultry merupakan suplemen penting yang dibutuhkan ayam karena banyak mengandung vitamin serta mineral, antioksidan, enzim dan asam organic. Suplemen tersebut bisa membuat ayam ternak Anda terhindar dari stress lingkungan, mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan stamina pada ayam.

5. Vita Plex

Kemudian ada vita plex yang merupakan vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh ayam. Vitamin ayam tersebut bisa membantu ayam terhindar dari stress karena adanya perubahan cuaca. Tentunya Anda pernah menjumpai ayam yang terkena stress akibat perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan, akibatnya ayam menjadi sakit karena stress nafsu makan pun berkurang. Kemudian vita plex juga memiliki fungsi sebagai obat penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin B kompleks, mempercepat pertumbuhan, bisa digunakan sebagai vaksin kandang dan juga menambah daya tahan tubuh pada ayam.

6. Rodalon

Jenis-jenis vitamin untuk ayam memang banyak mulai dari antibiotic hingga vitamin penting lainnya. Salah satunya adalah Rodalon, vitamin tersebut memiliki fungsi untuk mengusir bakteri yang bisa menyebabkan penyakit dan virus pada ayam. Penyakit dan virus tersebut sama dengan manusia seperti TBC, kolera, typhus, disentri, penyakit ND, cacar dan lain-lain. Apabila ayam ternak Anda mengalami salah satu penyakit di atas tentu akan membuat ayam-ayam cepat mati apabila tidak segera diobati. Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan ayam, vitamin ini juga bisa mengurangi bau kandang.

7. Supertop

Supertop merupakan salah satu vitamin ayam yang digunakan para peternak pada saat masa kawin. Mengapa? Karena fungsi utama dari vitamin tersebut adalah meningkatkan gairah pada ayam kemudian manfaat lainnya seperti penambah tenaga dan memperpanjang nafas.

8. SOC HCS

Bagi peternak ayam broiler atau ayam potong pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis vitamin yang satu ini. Ya, SOC HCS lebih sering digunakan untuk ayam broiler daripada ayam kampung atau pun jenis lainnya. Manfaat dari vitamin tersebut adalah mengurangi stress pada ayam, meningkatkan kesuburan pada ayam. Misalnya pada ayam broiler dagingnya akan lebih banyak dan khusus untuk ayam petelur, telurnya lebih besar. Tak heran jika vitamin ini banyak dipakai untuk ayam broiler. Kemudian fungsi lainnya adalah meningkatkan antibody, mempercepat pertumbuhan dan menyehatkan ayam.

9. Sulfamix

Saat Anda beternak ayam tentunya akan sangat merugikan apabila ayam terkena penyakit. Selain bisa menulari ke ayam lainnya, resiko mati pun akan mengancam sehingga harus segera ditangani. Salah satu penyakit pada ayam yang paling sering dialami adalah ngorok ayam atau sering disebut juga CRD, berak darah, kolera, berak kapur dan korisa. Oleh karena ituN para peternak ayam harus segera mengatasinya dan vitamin yang sering digunakan adalah sulfamix. Vitamin ini jenisnya mirip dengan cairan dan umumnya diteteskan pada mulut ayam atau pun disuntikkan.

10. Vitabro

Vitamin ayam yang satu ini umumnya dipakai untuk ayam bangkok. Vitabro sebenarnya kandungan serta fungsinya hampir sama dengan Vita Chicks tetapi khusus untuk ayam bangkok lebih sering menggunakan vitabro. Fungsi dari vitamin tersebut adalah meningkatkan stamina ayam, mempercepat pertumbuhan, meningkatkan hormon pada ayam bangkok betina supaya cepat bertelur dan lain-lain. Namun harap menjadi perhatian, khusus untuk ayam bangkok yang masih kecil dosis pemberiannya pun berbeda dengan jenis ayam dewasa. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui aturan penggunaannya supaya hasilnya juga maksimal.

11. Ingluvicup

Vitamin yang satu ini umumnya digunakan untuk mengobati penyakit tembolok pada ayam. Tidak hanya itu saja, ingluvicup juga sering digunakan sebagai vitamin untuk membasmi jamur protozoa pada ayam.

Deretan vitamin-vitamin khusus ayam di atas umumnya digunakan para peternak. Ada vitamin khusus ayam kampung, broiler maupun ayam bangkok. Anda tinggal pilih saja mana yang terbaik untuk ayam Anda nantinya. Apabila Anda beternak ayam, selain memperhatikan makanan, vitamin itu sangat dibutuhkan terlebih lagi jika ayam tersebut menjadi lahan bisnis Anda. Apabila ayam petelur maka sudah sewajarnya Anda menyiapkan vitamin ayam yang bisa meningkatkan kualitas telur, terkadang ada juga ayam petelur yang bisa menghasilkan telur berukuran besar jika vitaminnya bagus. Jika ayam untuk menghasilkan daging, maka vitamin yang harus disiapkan adalah yang meningkatkan kualitas daging. Dengan bantuan multivitamin tersebut selain bisa menyehatkan ayam, Anda pun akan mendapatkan keuntungan dari itu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *