Ternak Ayam Super dengan Ayam Kampung

Ternak Ayam Super dengan Ayam Kampung

Ternak Ayam Super – Bagi sebagian orang, beternak ayam itu sangat menyenangkan terlebih lagi ayamnya berkualitas alias super. Ternak ayam super yang paling banyak dibudidayakan adalah ayam kampung. Ayam kampung super ternyata paling banyak diminati karena lebih mudah dalam merawatnya apabila dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Apakah demikian? Di dalam artikel ini semuanya akan dibahas dan lihatlah keterangannya di bawah ini.

Cara Ternak Ayam Super yang Baik

Beternak ayam selain bisa dijadikan hobi dan konsumsi daging sendiri, hal ini juga bisa dijadikan sebagai lahan bisnis yang menggiurkan. Bagaimana tidak? Semua orang di dunia ini pastinya membutuhkan daging sehingga ternak ayam super pun bisa dibilang sangat berpeluang mendapatkan banyak keuntungan. Namun sebelum memulai usahanya, tentu Anda harus mengetahui beberapa cara khusus untuk menciptakan peluang tersebut. Di bawah ini ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam meraih kesuksesan ternak ayam super, antara lain.

1. Pemilihan bibit unggul

Jika ingin mendapatkan banyak keuntungan dalam berbisnis ternak ayam super, tentunya hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih bibit unggulan. Bila merawatnya sejak usia dini, Anda tentu harus sudah tahu bagaimana ciri-ciri anak ayam kampung super yang sehat. Setidaknya Anda mengetahui ciri-ciri ayam yang berkualitas baik itu memiliki postur tubuh yang tegap, bulu mengkilap, mata tajam atau tidak berair dan tidak cacat. DOC atau bibit unggul dari ayam kampung super sama halnya dengan ayam kampung lainnya yaitu waktu penetasan tidak kurang dari 21 hari.

Dengan memilih DOC yang berkualitas, nantinya Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik pula. Yang menjadikan ayam jenis ini banyak diminati dibandingkan ayam kampung biasa adalah harga jualnya yang tinggi. Selain itu, para peternak pun akan sangat diuntungkan karena ternak ayam super tidak akan memakan waktu lama untuk panen dan cenderung lebih singkat.

2. Pembuatan kandang

gambar ayam
ayam super

Apabila Anda sudah mendapatkan DOC ayam super yang terbaik maka cara selanjutnya adalah pembuatan kandang. Harus Anda garis bawahi, pembuatan kandang ayam super harus disesuaikan dengan DOC karena jika tidak, ayam akan cepat mati dan stress sebab tidak sesuai dengan suhu ruangnya. Khusus untuk anak ayam baru menetas, Anda harus menghangati kandangnya dengan menggunakan sinar lampu. Anak ayam itu masih memiliki bulu yang tipis sehingga tidak tahan dengan cuaca dingin di luar.

Kemudian untuk pembuatan kandang ternak ayam super tidak ada perbedaan yang signifikan dengan ayam kampung lainnya. Usahakan kandang ayam harus memiliki luas yang pas sehingga memudahkan ayam untuk bergerak bebas. Lalu Anda juga harus menempatkan ayam yang sesuai dengan umurnya supaya kesehatannya terjaga. Untuk pembuatan kandang ayam super harus jauh dari keramaian, ini nantinya bisa menyebabkan ayam mudah stress apabila kandangnya terlalu bising. Selanjutnya adalah berilah sirkulasi udara yang cukup sehingga bisa membuat kandang tetap kering dan fresh tidak lembab serta buatlah kandang yang bisa dijangkau oleh sinar matahari.

3. Penyediaan pakan ayam

Setelah kedua faktor terpenuhi, saatnya Anda memperhatikan faktor lainnya untuk ternak ayam super yaitu penyediaan pakan ayam. Meskipun ayam bisa mencari makanannya sendiri, tetapi Anda masih harus menyediakan pakannya malah sebisa mungkin yang bernutrisi. Pakan ayam yang bernutrisi tentunya akan membuat ayam tumbuh dengan sehat. Anda pun harus memberikannya tepat waktu supaya ayam tidak mudah stress. Khusus untuk DOC, harap diberi makanan yang mudah dicerna alias halus karena DOC belum bisa mencerna makanan yang kasar.

Untuk pakan ayam khusus ayam kampung super sebenarnya tidak ada perbedaan yang kontras dengan ayam kampung lainnya. Anda bisa memberikannya nasi, bekatul, BR atau pun biji-bijian. Yang paling penting adalah memberikan makanan tepat waktu dan sesuai dengan usianya. Jika ingin mendapatkan ayam yang berkualitas dan super tentu memberikan makanan dengan gizi tinggi adalah wajib hukumnya.

4. Pemeliharaan ayam

Setelah memperhatikan ketiga faktor utama di atas, ada hal lain yang harus Anda perhatikan yaitu pemeliharaan ayam. Ini dimaksudkan jika ada ayam yang terkena penyakit maka harus segera dipindahkan ke kandang yang lain. Tindakan tersebut bertujuan untuk mencegah tersebarnya virus penyakit ke ayam yang lainnya. Oleh karena itu, pemeliharaan ternak ayam super juga harus memperhatikan kebersihan kandang, kebersihan tempat makan dan minum ayam, sanitasi dan juga pemberian vaksinasi.

Pemberian vaksinasi pada ayam yang sedang sakit harus Anda lakukan supaya daya tahan tubuhnya bisa kembali fit. Selain itu Anda juga bisa menekan angka kematian ayam dan mencegah penyebaran virus pada ayam yang lainnya. Lakukanlah vaksinasi ayam secara berkala dan untuk kebersihan kandangnya wajib dilakukan setiap hari.

5. Pemanenan ayam

Peternak ayam itu tidak boleh sembarangan memanen ayamnya karena bila terjadi maka kerugian yang akan didapat. Kenapa bisa begitu? Misalnya jika ada peternak dari ternak ayam super terlalu dini memanen ayamnya maka berat badan ayam pun juga tidak ideal. Hal itu juga bisa mempengaruhi kuantitas dan kualitas dari daging ayam. Pada umumnya, ayam yang siap dipanen itu beratnya lebih dari 1 kg. Khusus untuk ayam kampung super, tak perlu lama-lama dalam memanennya karena relatif lebih cepat dan singkat bila dibandingkan dengan ayam kampung biasa.

Beternak ayam kampung super memang tak jauh beda dari ayam kampung kebanyakan. Yang menjadikannya beda adalah sistem pemeliharaan serta waktu pemanenannya. Untuk ayam kampung super, waktu panen jauh lebih singkat dan cepat dibandingkan dengan ayam kampung pada umumnya. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dan beternak ayam ini jauh lebih ekonomis. Ini disebabkan Anda bisa menekan biaya pakan ayam, karena sistem panennya yang singkat otomatis Anda bisa menghemat biaya pakan ayam. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dan juga cepat.

Lalu keuntungan lain dari ternak ayam super adalah tidak perlu membutuhkan banyak vaksin atau pun vitamin khusus ayam seperti ayam kebanyakan. Ayam kampung super dikenal sebagai ayam yang memiliki daya tahan tubuh tinggi sehingga bisa menekan biaya vaksin dan obat. Kemudian yang paling menggiurkan adalah harga jualnya yang tinggi. Apabila dibandingkan dengan ayam pedaging atau ayam potong, unggas yang satu ini jauh lebih mahal harganya. Selain itu ayam kampung super juga jauh lebih sehat karena sedikit terkontaminasi dengan bahan kimia seperti vaksin atau pun suplemen ayam. Kemudian faktor yang lainnya atau keuntungan lainnya beternak ayam kampung super adalah kandangnya tidak bau menyengat. Tentunya Anda mengetahui jika ternak ayam itu pasti bau kandangnya sudah bisa dicium hingga radius beberapa meter saja. Tetapi berbeda dengan ayam jenis ini karena kandangnya tidak akan menimbulkan bau yang menyengat apabila dirawat dan dibersihkan secara baik.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *