Langkah Langkah Ternak Ayam Negri yang Perlu Anda Ketahui

Langkah Langkah Ternak Ayam Negri yang Perlu Anda Ketahui

Ternak Ayam Negeri – Daging ayam negri merupakan makanan yang paling disukai hampir semua masyarakat Indonesia. Daging unggas ini memang memiliki kandungan protein hewani yang tinggi sehingga mengonsumsi daging ayam sangat penting bagi proses metabolisme tubuh. Mengingat begitu pentingnya daging ayam, ternak ayam negri merupakan peluang yang bagus untuk dijadikan sebagai bisnis dan menghasilkan keuntungan. Saat ini bisnis peternakan ayam menjadi salah satu usaha yang banyak digemari karena prospek ke depan yang menjanjikan. Biasanya bisnis ayam ini dilakukan dengan 2 sistem yaitu Kemitraan (Kerja Sama) dan Wirausaha Mandiri.

Pengertian Sistem Ternak Ayam

• Sistem Kemitraan

Usaha ternak ayam negri dengan cara kerjasama dimana perusahaan sebagai inti dan peternak ayam sebagai plasmanya. Peternak hanya cukup menyediakan kandang sesuai permintaan dari perusahaan yang diajak kerjasama dan memelihara ayam hingga masa panen. Tetapi semuanya sudah ditanggung oleh masyarakat. Enaknya dari sistem ini adalah peternak ayam hanya mengeluarkan modal yang sedikit. Selain itu resiko kerugian juga sedikit.

• Sistem Mandiri

Merupakan usaha mandiri yang semua kebutuhan dan perlengkapan beternak ditanggung oleh peternak. Keuntungan dari sistem mandiri adalah semua hasil dari penjualan ayam negri merupakan milik sendiri atau milik pribadi secara penuh.

Hal yang Harus Dilakukan
Informasi diatas merupakan gambaran kecil mengenai sistem dalam ternak ayam. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis ternak ayam negri, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang penting termasuk tata cara dalam beternak ayam yang benar agar usaha yang Anda jalankan bisa maksimal dan mengurangi kerugian. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus Anda pikirkan dan lakukan sebagai peternak ayam pemula:

1. Mencari Informasi Mengenai Produk Ayam Negri

Jenis ayam yang akan di ternak adalah jenis ayam negri. Anda harus mengetahui jenis-jenis ayam negri yang memiliki kualitas unggul dan tingkat produktivitas yang baik. Anda juga harus memikirkan ayam yang mempunyai masa panen tidak terlalu lama, sehingga bisa dipanen cepat dan menghasilkan keuntungan yang lumayan.

2. Memikirkan Konsumen untuk Ternak Ayam Anda

Dari anak-anak sampai dewasa kebanyakan menyukai makanan jenis daging. Anda harus mencari relasi dimana ternak ayam negri Anda nanti akan di distribusikan. Yang penting bisa dijangkau semua kalangan. Anda bisa mendistribusikannya di restoran, pasar,dan supermarket yang menggunakan bahan dasar ayam sebagai nilai jual mereka. Anda juga bisa bernegosiasi dengan warung makan kecil-kecil yang memerlukan daging sebagai olahan makanan mereka.

3. Pemilihan Bibit Ayam

Setelah sukses dengan produk dan konsumen, Anda harus memikirkan juga masalah pemilihan bibit ayam negri. Cari kualitas bibit yang unggul dan harga terjangkau. Pemeliharaan bibit yang berkualitas merupakan langkah awal untuk kesuksesan dalam beternak ayam. Yang pasti Anda harus memperhatikan ciri-ciri luar ayam ketika memilih bibit. Berikut sedikit informasi mengenai ciri-ciri bibit ayam yang baik:

– Berasal dari induk yang cukup umur
– Terbebas dari penyakit jamur
– Bibit ayam aktif, gerak lincah dan mata berwarna merah
– Kakinya besar
– Warna bulu ayamnya cerah
– Anus terlihat bersih
– Kondisi tubuh dan suhunya normal
– Berat ayam sesuai dengan standar.

Tata Cara Ternak Ayam Negri

gambar ayam
ayam negeri

Setelah hal-hal di atas dilakukan, Anda bisa memulai bisnis ternak ayam negri. Dalam memulai usaha ternak ayam ini, ada cara-cara tertentu yang bisa Anda lakukan guna menghasilkan ayam yang berkualitas. Berikut ini detail langkahnya:

1. Pembuatan Kandang yang ideal

Kandang yang ideal sangat penting bagi kelangsungan hidup para ayam yang dipelihara. Oleh karena itu kandang harus dibuat sebaik dan senyaman mungkin. Ukuran kandang sebaiknya disesuaikan dengan umur ayam dan banyaknya jumlah ternak ayam negri yang dipelihara. Selain kandang yang nyaman, suhu sekitar kandang juga harus dijaga agar selalu konsisten. Suhu yang ideal untuk ternak kandang ayam adalah 32 – 35 derajat celcius dengan kelembapan sekitar 60 – 70%. Kemudian untuk penerangan atau pemberian lampu bagi para ayam juga disesuaikan dengan aturan. Jangan lupa untuk posisi kandang dihadapkan ke arah sinar matahari supaya mendapatkan sinar.

2. Peralatan Ternak Ayam yang Bersih

Selain kandang yang ideal, ternak ayam negri juga memerlukan beberapa peralatan yang tak kalah penting seperti :
– Tempat Makan dan Minum
Tempat makan dan minum ayam bisa dibuat dari bambu atau aluminium yang bagus untuk mencegah kebocoran
– Alas Ayam
Alas ayam yang baik bisa dari kulit padi atau pasir dengan ketinggian minimal 10 cm. Alas untuk ayam harus selalu dalam keadaan kering agar terbebas dari hama/virus. Bisa juga dengan menggunakan sekam.
– Tempat Bertengger Ayam
Ayam dikenal dengan binatang yang suka bertengger. Untuk menambah kenyamanan ayam, Anda bisa membuatkan tempat khusus untuk bertengger pada setiap kandang. Biasanya tempat bertengger digunakan ayam untuk tidur.

3. Pemberian Makan dan Minum yang Sehat

Makan dan minum adalah hal utama yang dibutuhkan setiap makhluk yang bernyawa, tak terkecuali hewan. Ayam juga memerlukan makan dan minum layaknya manusia untuk keperluan tumbuh dan kembangnya. Demi menghasilkan kualitas ayam yang baik, Anda harus memperhatikan makan dan minum yang diberikan kepada ayam. Ada beberapa aturan yang bisa Anda pelajari terkait dengan aturan pemberian makan ayam. Selain diberi makanan utama, pemberian makan ternak ayam negri juga bisa berganti-ganti dengan makanan tambahan seperti buah-buahan dan sayuran.

4. Pemberian Vitamin Ayam

Selain makanan dan minuman yang cukup, ayam juga memerlukan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh. Pemberian vitamin bisa dilakukan sekali dalam seminggu dengan cara dicampur dengan makanan atau minuman pada saat memberi makan dan minum ayam. Dengan pemberian vitamin secara teratur, maka kemungkinan ayam terserang penyakit juga sangat kecil.

5. Kebersihan yang dijaga

Kotoran ayam merupakan hal yang memiliki resiko besar sebagai penyebar penyakit. Kotoran ayam yang menumpuk dapat menjadi masalah yang serius bagi ayam. Untuk menghindarkan ayam dari serangan penyakit, sebaiknya rutin dilakukan pembersihan kandang. Tidak lupa untuk menyemprotkan desinfektan pada setiap kandang ternak ayam negri. Pembersihan bisa dilakukan seminggu 2 kali dengan alat yang steril.

Nah diatas beberapa langkah yang harus Anda ketahui sebelum beternak ayam. Dalam membangun usaha ternak ayam negri dibutuhkan ketlatenan yang ekstra. Untuk menghasilkan bibit-bibit ayam yang baik, Anda bisa menggunakan mesin penetas telur sendiri sehingga Anda tidak perlu membeli bibit ayam kepada orang lain. Selain itu, telur yang ditetaskan sendiri bisa menghasilkan bibit ayam yang lebih berkualitas karena Anda merawatnya sendiri. Demikian informasi mengenai langkah langkah ternak ayam negri yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda yang sedang mulai merintis usaha di bidang peternakan ayam. Selamat mencoba dan semoga sukses!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *