Usaha Menguntungkan Ternak Ayam Joper

Usaha Menguntungkan Ternak Ayam Joper

Ternak Ayam Joper – Bisnis ternak ayam jopersekarang ini tengah hangat diperbincangkan. Pasalnya, masa panen ayam joper diketahui lebih cepat dibandingkan dengan jenis ayam kampung biasa. Apalagi, ayam kampung joper dibanderol dengan harga yang tinggi di pasaran. Jadi tidak mengherankan jika banyak orang yang tertarik untuk membudidayakannya. Ayam joper adalah singkatan dari ayam jawa super. Ayam joper ini adalah hasil persilangan antara ayam pedaging (broiler) dengan ayam jawa yang dikenal dengan nama ayam kampung atau ayam lokal.

Hasil persilangan antara ayam kampung dengan ayam broiler ini tentu menghasilkan jenis ayam super yang memiliki banyak sekali keunggulan. Karena seperti yang diketahui, ayam broiler memiliki daging yang banyak dan pertumbuhan yang cepat. Sementara ayam kampung dikenal memiliki rasa daging yang sangat lezat dan tahan terhadap berbagai macam jenis penyakit.

Hal inilah yang mendasari mengapa ayam hasil persilangan antara ayam broiler dengan ayam kampung ini diberi nama ayam joper atau ayam kampung super. Pada dasarnya, beternak ayam joper relatif mudah. Hanya saja Anda harus benar-benar sabar, telaten dan perlu memerhatikan apa saja yang diperlukan dalam proses membudidayakan ayam joper.

Cara Ternak Ayam Joper Agar Berhasil

gambar ayam
ayam joper

Bagi Anda yang masih pemula dalam hal beternak tentu kebingungan bagaimana caranya memulai usaha ternak ayam joperini. Pasalnya jika salah memulainya, bukan tidak mungkin jika bisnis yang diusahakan justru gagal di tengah jalan. Ayam joper yang dipelihara secara intensif tentunya akan menuai keuntungan yang berlimpah. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara beternak ayam jenis joper agar berhasil.

1. Referensi

Sebelum memulai usaha apapun, tentunya Anda dipaksa untuk mempelajari seluk beluk bisnis tersebut bukan? Apalagi untuk Anda yang masih pemula dan belum memiliki pengalaman apapun, maka mencari referensi dari berbagai sumber adalah suatu keharusan agar bisnis ternak yang dijalani berhasil. Sumber informasi ini bisa Anda dapatkan dari buku bacaan tentang budidaya ternak ayam kampung joper atau mencari informasinya langsung dari pebisnis ternak ayam yang sudah berhasil. Mencari referensi dari pebisnis ayam ternak ayam joperlebih dianjurkan agar Anda mengetahui pengalaman yang sebenarnya di lapangan.

2. Kandang

Selanjutnya adalah masalah kandang. Banyak orang yang meremehkan soal kandang ayam joper karena kebanyakan dari mereka menganggap bahwa ayam joper hanyalah ayam kampung yang bisa dibiarkan bebas begitu saja dan tidak memerlukan kandang yang baik. Padahal pemeliharaan ayam joper berbeda dengan ayam kampung biasa. Agar hasil panen ayam joper maksimal, maka memperhatikan dan merawat kandang ayam adalah hal yang harus Anda lakukan. Kandang ayam joper harus hangat dan nyaman untuk ayam.

Kandang ternak ayam joperyang ideal adalah yang berlokasi jauh dari perumahan atau permukiman penduduk, terpenuhi air bersihnya, dan mudah diakses menggunakan sarana transportasi biasa. Tak hanya itu, Anda juga harus memerhatikan arah pembuatan kandang. Buatlah kandang dengan arah membujur dari arahTimur ke arah Barat. Dengan begitu, kandang akan mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Selain itu, membuat kandang juga harus mendapatkan sinar matahari yang cukup tapi tidak terkena secara langsung. Kandang juga tidak boleh becek atau lembab. Sementara ukurannya harus disesuaikan dengan jumlah ayam ternak dan umurnya. Dengan begitu, ternak ayam joperakan berhasil dan Anda akan mendapatkan keuntungan yang melimpah.

3. Penyediaan Pakan

Faktor utama yang harus Anda perhatikan dalam beternak ayam atau unggas adalah pakannya. Termasuk untuk ayam joper, dimana Anda harus memenuhi kebutuhan pakan ayam dengan baik dan benar. Setiap harinya, ayam joper harus terpenuhi asupan nutrisi dan juga gizinya supaya bisa tumbuh dengan cepat dan baik. Saat ayam joper masih kecil, Anda harus memberikannya pakan yang halus dan mudah dicerna. Untuk pakannya sendiri, Anda bisa dengan mudah menemukannya di toko-toko pakan ternak yang ada di pasaran. Hanya saja sebelum membeli, Anda harus memberitahupenjual terkait dengan umur ayam. Hal ini dilakukan agar ternak ayam joperyang dibeli sesuai dengan umur ayam.

4.Pemilihan Bibit Unggul

gambar ayam joper
ayam joper

Pemilihan bibit unggul adalah hal yang penting untuk Anda yang ingin membudidayakan ayam joper. Apabila Anda membudidayakan ayam joper untuk diambil dagingnya, maka bibit ayam yang harus dipilih adalah yang bertubuh besar dan memiliki masa pertumbuhan yang cepat. Tak hanya itu, Anda juga harus memilih bibi yang waktu penetasannya tepat waktu yaitu 21 hari.

Bibit ternak ayam joperyang berkualitas bagus adalah yang sehat, mata bersinar, tegap, tidak cacat dan memiliki bulu yang bersih serta mengkilap. Jangan memilih ayam joper yang memiliki bulu kusam karena bulu tersebut bisa menjadi indikator bahwa ayam sedang sakit. Di pasaran sendiri, ada banyak orang yang menjual bibit ayam joper. Oleh karena itu, Anda harus lebih teliti dan cerdas dalam memilihnya.

5.Pemeliharaan

Setelah menyiapkan kandang, pakan dan membeli bibit ayam joper, tahapan selanjutnya dalam usaha ternak ayam joper tentu saja manajemen pemeliharaan. Pemeliharaan adalah suatu hal yang penting dalam tahapan budidaya ternak ayam. Pasalnya tujuan dari pemeliharaan ini adalah mengontrol ayam agar tidak terkena berbagai macam penyakit dan bisa hidup sehat sampai masa pemanenan.

Dalam hal pemeliharaan, Anda harus memastikan bahwa kandang dalam kondisi bersih dan tidak rusak. Selain itu, Anda juga harus memberikan pakan pada ayam dengan teratur dan memastikan bahwa ayam-ayam yang diternak menghabiskan pakannya dengan baik. Jangan lupa memberikan vaksinasi agar ayam terhindar dari penyakit.

6.Pengendalian Penyakit

Seperti yang sempat disinggung dalam tahapan pemeliharaan, pengendalian penyakit pada ayam adalah hal yang sangat penting. Jika Anda memelihara ayam joper dalam jumlah yang banyak, tentu tidak semua ayam dalam kondisi sehat. Oleh karena itu, mengontrol ayam setiap hari untuk membedakan antara ayam yang sehat dan yang sakit adalah suatu keharusan. Jika didapati ada ayam yang sakit, segera pisahkan dan obati agar ayam lain yang masih sehat tidak tertular.

Cara mengontrol atau mengendalikan penyakit dalam ternak ayam joperadalah menjaga kebersihan kandang, memilih lokasi ternak yang jauh dari penyakit, menjaga sanitasi kandang serta peralatannya, dan melakukan vaksinasi dengan teratur.

7. Panen

Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pebisnis ternak ayam tentu saja masa panen. Pasalnya masa panen adalah masa dimana Anda bisa menjual ayam joper ke pasaran untuk mendapatkan keuntungan. Agar harga jualnya tinggi, ayam ternak Anda tentunya harus memenuhi standar kualitas pasaran.

Ayam joper banyak dipilih para peternak karena memiliki banyak sekali keunggulan. Beberapa keunggulannya adalah harga jual yang tinggi dan juga stabil, masa panen singkat, pemeliharaan yang mudah dan tahan terhadap berbagai macam penyakit. Demikianlah ulasan terkait dengan cara ternak ayam joperuntuk pemula, semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *