Cara Tepat Menjalankan Usaha Ternak Ayam Aduan

Cara Tepat Menjalankan Usaha Ternak Ayam Aduan

Ternak Ayam Aduan – Berwirausaha sudah menjadi pilihan bagi sebagian orang pada saat ini. Mereka yang memilih jalan wirausaha, diharapkan mempunyai kemampuan yang baik. Seiring dengan jalannya usaha, diharapkan juga mampu memahami seluk beluk dunia usaha. Dalam peternakan misalnya, terdapat salah satu usaha yang menarik, yaitu ternak ayam aduan.

Usaha tersebut merupakan peluang yang ada di mana target pasarnya adalah orang-orang yang gemar terhadap ayam aduan. Sebagai peternak ayam aduan ini, Anda harus mampu mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan dengan baik dan tepat waktu. Apabila sudah berjalan, maka semua hal dalam menjalankan bisnis di dunia peternakan adalah hal yang biasa. Perawatan ayam sehari-hari harus dilakukan dengan benar, untuk menghasilkan ayam aduan yang benar-benar berkualitas dan tidak mengecewakan.

Berikut Ini Adalah Urutan Langkah Dalam Menjalankan Usaha Peternakan Ayam Aduan

 Gambar Ayam Jago
Ayam Laga

1. Melakukan Survei Kriteria Ayam Aduan

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan survei mengenai kriteria ayam aduan. Kriteria yang harus dipenuhi adalah ayam dengan bentuk tubuh yang kuat, postur tubuh ayam yang gagah, serta mempunyai kondisi prima dari segi kesehatan. Survei mengenai ayam aduan yang baik dan berkualitas dilakukan pada awal dimulainya usaha ternak ayam aduan. Proses pertama ini juga salah satu penentu diperolehnya kriteria ayam aduan. Pada tahap survei ini, Anda dapat mengumpulkan informasi dari para penggemar ayam aduan, mencari informasi di situs website yang terpercaya. Dengan demikian, survei ini dapat menghasilkan data yang akurat.

2. Menyiapkan Kandang

Hal penting yang harus dilakukan adalah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan benar. Kandangan merupakan elemen penting yang harus ada pada usaha ternak ayam aduan. Hal ini untuk menjaga agar ayam nyaman pada malam hari, di mana ada tempat untuk berteduh. Anda diharapkan memilih kandang dengan kualitas baik, yaitu terbuat dari bahan yang kokoh dan sesuai dengan usia ayam. Selain itu, adanya penempatan kandang satu dengan lainnya harus dipetakan dengan pemberian space/jarak di antara keduanya, agar sirkulasi udara terjamin.

3. Memilih Jenis Ayam yang Digemari Sebagian Besar Orang

Ayam aduan mempunyai beberapa hal yang tentunya berbeda dengan ayam pada umumnya. Jenis ayam yang digunakan untuk aduan ini adalah ayam jago. Ayam jantan ini merupakan petarung yang digemari. Tidak ada salahnya apabila usaha ternak ayam aduan dimulai dengan memilih jenis ayam yang digandrungi oleh orang pada umumnya. Sebagian besar orang gemar terhadap jenis ayam yang mempunyai postur baik, memiliki jengger yang besar, ekor yang panjang, serta mempunyai warna yang menarik pada bulunya. Perpaduan karakteristik tersebut merupakan hal yang digemari oleh konsumen.

4. Memilih Ayam Berkualitas

Meskipun tidak digunakan untuk bertarung, pada masa ini masih ada orang yang gemar mengoleksi ayam aduan sebagai peliharaan saja. Akan tetapi, masih ada orang yang suka mengadu ayamnya. Hobi masyarakat terhadap ayam aduan ini memberikan peluang yang menjanjikan bagi peternak ayam aduan. Prospek yang bagus ini harus dimanfaatkan oleh peternak untuk memperoleh ayam yang berkualitas, di mana dapat diperoleh dengan membeli bibit DOC ataupun membelinya babon dan jago yang berkualitas.

5. Mampu Memilih Babon yang Berkualitas

Cara alami untuk memperoleh bibit unggul adalah melalui proses alami, yaitu tidak dengan pembuahan dari cara inseminasi. Untuk menghasilkan bibit unggul, maka salah satu caranya adalah mampu memilih kualitas babon yang baik. babon yang berkualitas diharapkan dapat menghasilkan keturunan anak ayam jantan yang berkualitas, kuat, serta mempunyai karakteristik yang membanggakan. Ternak ayam aduan melalui cara alami ini harus dipantau hingga benar-benar berhasil dan menghasilkan anak ayam yang sehat, ketika dilahirkan.

6. Menetaskan Telur

Setelah melalui proses alami ataupun dengan inseminasi buatan, Anda harus menetaskan telurnya dengan cara dierami induknya dalam kurun waktu 21 hari. Selebihnya, terdapat pilihan lain dalam menetaskan telur. Usaha ternak ayam aduan yang sudah besar dan sudah mempunyai prospek mapan, dapat menggunakan teknik penetesan dengan mesin penetas. Mesin tersebut adalah mesin khusus yang sudah disesuaikan suhunya, sehingga tetap sesuai untuk menetaskan telur ayamnya.

7. Memberi Pakan Berkualitas

Pakan atau makanan bagi hewan merupakan hal yang sangat penting guna memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh dan menunjang kesehatannya. Penggantian energi juga diperoleh dari makanan. Oleh karena itu, peternak harus memberikan pakan secara teratur dan berkelanjutan. Selebihnya, yang terpenting adalah memberikan pakan berkualitas bagi jenis ayam yang dipelihara, yaitu mempunyai kelengkapan nutrisi bagi tubuh dan higienis dalam penyajiannya. Berikan pakan pada ayam dengan tempat yang bersih. Hal ini dapat menjauhkan ayam dari gangguan kesehatan yang kemungkinan dapat ditimbulkan.

8. Memberi Pakan dan Minum yang Sesuai Usia Ayam

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh wirausaha ternak ayam aduan adalah pakan. Pakan yang dibutuhkan oleh ternak, pasti yang sesuai dengan kebutuhannya. Kebutuhan terhadap makanan tersebut juga dipengaruhi oleh usia, di mana usia ayam yang lebih tua, akan cenderung membutuhkan makanan lebih banyak dibandingkan dengan ayam yang masih kecil. Pemberian minum pada ayam secara rutin dan memadai, mampu mencegah dehidrasi pada ayam, melancarkan metabolisme tubuh, serta menunjang asupan mineral yang cukup.

9. Membersihkan Kandang Secara Berkala

Faktor kebersihan juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan ayam aduan. Kondisi fisik yang terganggu dapat berujung pada penyakit. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka bersihkan kandang secara keseluruhan dan berkala, hingga benar-benar bersih agar terhindar dari kuman dan bakteri penyebab penyakit. Tempat untuk makan dan minumnya juga tak luput untuk dibersihkan. Keadaan yang bersih dapat menunjang kesehatan ayam aduan, sehingga merupakan ternak yang berkualitas, prospek bisnis ternak ayam aduan semakin meningkat seiring dengan peningkatan manfaat berupa ayam aduan yang berkualitas.

10. Pemeriksaan Kesehatan Ternak Secara Berkala

Adapun pemeriksaan kesehatan untuk ternak secara berkala. Hal ini dapat dilakukan guna mengetahui kondisi kesehatan ayam. Pemeriksaan secara periodik dapat membantu memantau perkembangan kondisi fisik ayam. Pemeriksaan rutin ini juga bermanfaat untuk mengetahui dengan segera apabila terdapat ayam yang terserang penyakit. Penanganannya dapat segera dilakukan.

11. Mampu Memasarkan Hasil Ternaknya

Rangkaian persiapan beternak hingga perawatan dan menjalankan usaha ternak, selanjutnya adalah tahap untuk memasarkan hasil ternak. Dalam dunia usaha, berhasilnya pemasaran hasil produksi adalah yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen. dengan perencanaan survei terhadap kriteria ayam aduan yang baik dan jenis ayam yang disukai sebagian besar orang, maka usaha ternak ayam aduan dapat berjalan baik dalam pemasarannya. Konsumen dapat memperoleh nilai manfaat yang optimal.

Tahap awal hingga akhir dalam usaha peternakan ayam aduan tersebut dapat diterapkan untuk menghasilkan kondisi bisnis yang baik dan mampu terpenuhinya kebutuhan konsumen. Apabila hal tersebut tercapai, maka ternak ayam aduan dapat menjadi solusi kebutuhan konsumen.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *