Ternak Ayam Ketawa; Merdunya Ketawa Sang Ayam Jantan dari Timur

Ternak Ayam Ketawa; Merdunya Ketawa Sang Ayam Jantan dari Timur

Ternak Ayam Ketawa – Memiliki hobi beternak bisa menjadi satu keunggulan bagi pelakunya. Beternak saat ini bisa dianggap sebagai hobi yang cukup menghasilkan. Apalagi hewan yang diternak adalah hewan yang bisa dibilang unik ataupun memiliki keistimewaan. Meskipun beberapa orang menganggap beternak itu sedikit ribet dan membutuhkan kesabaran ekstra, tapi jika ditekuni beternak bahkan bisa menjadi sumber penghasilan bagi para pelakunya. Salah satu hewan yang saat ini sedang digemari untuk diternakkan adalah ayam ketawa. Ternak ayam ketawamungkin bukan hal yang baru di kalangan peternak ayam, namun tak semua peternak ayam bisa sukses mengembangbiakkan ayam ketawa. Diperlukan perlakuan ekstra agar keunikan ayam yang dikenal karena suara unik yang mirip suara ketawa manusia ini bisa semakin menonjol.

Ternak Ayam Ketawa dan Melatih Ayam Agar ‘Tertawa’

Ayam ketawa adalah ayam asli Indonesia, tepatnya dari daerah Sulawesi Selatan. Dulunya ayam ketawa ini dipercaya hanya dipelihara oleh kalangan bangsawan Bugis. Ayam ketawa ini pada jaman dahulu hanya dipelihara di lingkungan keraton dan dianggap sebagai simbol status sosial masyarakat Bugis. Selain sebagai simbol status sosial, orang Bugis percaya bahwa ayam ini juga melambangkan keberanian, kegagahan dan kesuksesan yang sering disebut ‘jantan’. Jika Anda pernah mendengar sebutan ‘ayam jantan dari timur’ untuk salah satu pahlawan Nasional Indonesia, sebutan itu juga berasal dari ayam ini. Maka tak heran jika ayam ketawa juga diberi julukan sebagai “ayam jantan dari Timur”. Tak heran banyak masyarakat yang mencoba ternak ayam ketawaagar bisa mendapat kesuksesan seperti filosofinya.

Sebagai ayam yang memiliki keistimewaan, banyak orang yang ingin beralih hobi ternak ayam ketawa. Selain digunakan sebagai peliharaan yang bisa dijadikan hiburan pula, tak sedikit orang yang sengaja memelihara ayam ketawa untuk diikutsertakan dalam kontes ayam. Belakangan banyak kontes ayam hias yang banyak diselenggarakan di Indonesia, termasuk ayam ketawa. Ini dimaksudkan untuk menggiatkan masyarakat agar lebih memperhatikan hewan-hewan asli Indonesia agar tak cepat punah. Nah, untuk mendapatkan ayam ketawa yang sehat dengan suara yang merdu, ada beberapa tips ternak ayam ketawa yang bisa Anda perhatikan.

ayam
ayam ketawa

1. Perhatikan kebersihan kandang

Merawat setiap jenis ayam hias ataupun ayam kontes memang tak boleh mengabaikan kandang. Kandang yang bersih akan mempengaruhi kesehatan ayam. Tak terkecuali jika Anda ingin ternak ayam ketawa. Menjaga kebersihan kandang dengan membersihkannya secara rutin adalah hal yang mutlak dilakukan. Selain itu, semprotkan desinfektan secara teratur untuk membunuh kuman-kuman yang dapat menyebabkan penyakit pada ayam. Kandang ayam yang bersih akan mempengaruhi kesehatan serta nafsu makan ayam.

2. Berikan makanan selingan yang sehat

Jenis makanan ayam ketawa tak jauh beda dengan ayam hias lain. Pakan yang umum diberikan jika melakukan ternak ayam ketawaadalah beras merah atau jagung slep. Tapi untuk memberikan variasi serta merangsang suara ayam, bisa pula ditambahkan irisan kecil jahe serta kunyit yang sudah dikeringkan ke dalam campuran makanan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan irisan sayur-sayuran seperti tomat dan bayam untuk menambah nutrisi ayam ketawa Anda.

3. Menjaga kebersihan tubuh ayam

Jika Anda ingin melakukan ternak ayam ketawa, maka Anda juga harus telaten dalam merawatnya. Salah satunya dengan memandikan ayam secara rutin. Memandikan ayam secara rutin akan membuat kebersihan dan kesehatan ayam turut terjaga. Selain itu, dengan mandi secara teratur akan membuat ayam terhindar dari kutu. Setelah dimandikan, jemur ayam di bawah matahari selama kurang lebih 30 menit. Hal ini akan membuat ayam ketawa Anda terlihat segar.

4. Merawat anak ayam ketawa

Untuk mendapatkan ayam ketawa dewasa yang berkualitas, tentu berawal dari anak ayam. Ternak ayam ketawa dimulai dari anaknya yang sedikit memerlukan perlakuan istimewa. Untuk anak ayam berusia 1 sampai 30 hari, yang perlu diperhatikan adalah suhu ruangan atau kandangnya. Usahakan agar kandang tempat tinggal anak ayam tetap hangat dengan memberikan lampu bertegangan 5 watt di dalam kandang. Selain itu, anak ayam juga harus rutin diberikan vaksin agar terhindar dari penyakit.

5. Melakukan proses perkawinan

Untuk mendapatkan ayam ketawa dengan kualitas terbaik, pasti berawal dari reproduksi yang baik pula. Para peternak ayam menganggap ternak ayam ketawayang sukses berawal dari proses kawinnya. Mengawinkan ayam ketawa bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan menyatukan ayam jantan dan ayam betina dalam satu kandang. Dengan menjadikan keduanya dalam satu kandang, maka proses kawin akan terjadi secara otomatis. Yang kedua, dengan memisahkan ayam jantan dan ayam betina, kemudian ketika waktu kawin keduanya dikeluarkan. Ayam jantan dan betina akan saling mendekat, dan proses perkawinan pun bisa dimulai. Untuk perkawinan kedua ini, lebih baik jika dilakukan pada pagi hari.

6. Perawatan ketika ayam sedang sakit

Seperti juga manusia, terkadang ayam juga bisa terserang beberapa penyakit. Penyakit yang sering melanda ayam ketawa adalah pilek, ngorok dan juga lemas. Jika ayam Anda mengalami gejala-gejala terjangkit penyakit tersebut, maka Anda harus segera memberikan obat atau suntikan khusus untuk penyakit-penyakit tersebut.

7. Melatih ayam berkokok

Sebagai ayam yang memiliki keunikan pada kokokannya, ayam ketawa juga perlu dilatih. Untuk melatihnya, Anda harus merekam suara kokokan ayam lain yang memiliki suara yang lebih merdu. Setelah itu, perdengarkan rekaman itu pada ayam peliharaan Anda. Hal ini akan memacu ayam Anda agar berkokok, walaupun tidak langsung bagus, setidaknya ini akan melatih kepercayaan diri ayam Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuatkan tempat bertengger untuk ayam Anda. Sifat alamiah ayam yang suka bertengger akan membuat ayam stres jika tidak memiliki tempat bertengger. Oleh karena itu dengan mengkondisikan lingkungan ayam yang baik, maka pertumbuhan ayam juga akan menjadi lebih baik.

Sebagai pemula dalam dunia ternak ayam ketawatentu tak akan langsung berhasil mengembangbiakkan si ayam jantan dari timur. Perlu waktu dan kesabaran yang lebih untuk bisa menghasilkan ayam ketawa yang berkualitas. Tak hanya itu, Anda juga harus telaten dalam merawat ayam bersuara merdu ini, seperti merawat seorang anak, Anda bahkan perlu memberikan vaksin serta obat ketika si ayam sedang sakit.

Langkah-langkah di atas adalah langkah yang umum dilakukan jika ingin melakukan ternak ayam ketawa dengan sukses. Jika dalam perawatan Anda masih belum mendapatkan hasil yang baik, bukan tahap yang Anda lakukan salah. Bisa jadi ada faktor lain yang menyebabkannya. Namun justru dengan kegagalan itu, Anda akan bisa belajar merawat ayam ketawa Anda dengan lebih baik. Sebab layaknya merawat hewan peliharaan lain, ayam ketawa juga butuh perhatian lebih dari pemiliknya. Dengan mendapatkan perawatan yang baik, ayam ketawa Anda pun siap mengikuti kompetisi ayam hias, dan siap membawa pulang juara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *